Cara Transfer Uang Lewat ATM: Panduan Menggunakan Kode Bank

Mengapa Tutorial Cara Transfer Uang Lewat ATM ini diperlukan?

Bagi sebagian orang, Cara Transfer Uang  Lewat ATM mungkin sudah tidak diperlukan karena sudah menjadi hal yang biasa dan mungkin rutin dilakukan sebulan sekali.

Seperti misalnya orang tua yang transfer uang bulanan anak-anaknya yang sedang belajar di kota lain atau distributor yang perlu membayar supplier langganan setiap bulan.

 

Cara Transfer Uang Lewat ATM

 

 

Well Ok, jika anda termasuk golongan diatas maka mungkin Tutorial Cara Transfer Uang Lewat ATM ini sudah tidak diperlukan lagi.

Namun tahu kah anda berapa banyak penduduk Indonesia yang masih belum memiliki rekening Bank (UnBanked)?

Jakarta Post dalam salah satu artikelnya di bulan Oktober 2016 mencatat bahwa hanya 36% (usia dewasa) penduduk Indonesia yang telah memiliki rekening Bank.

Sebagai Negara yang memiliki reputasi sebagai Ekonomi Terbesar di Asia Tenggara, jumlah ini tentu saja masih menyedihkan bukan? Bagaimana negara kita bisa semakin mempercepat pertumbuhan Ekonomi via e-commerce jika masih banyak penduduk Indonesia yang belum memiliki rekening Bank, yang artinya belum bisa berpartisipasi dalam e-commerce di Tanah air (red: membeli barang secara online).

Namun untung saja ternyata pemerintah tidak tinggal diam dan berperan aktif mengajak Bank untuk menambah jumlah kepemilikan rekening secara aktif, yang tentu saja hal ini harus kita apresiasi dan dukung penuh.

Jadi pointnya, dengan bertambahnya kepemilikan rekening baru maka seyogyanya jumlah orang yang perlu belajar cara mentransfer uang lewat ATM akan turut bertambah. Sehingga kami berharap semoga tulisan ini bisa relevan dan sedikit memberikan panduan singkat bagi anda yang baru memiliki rekening Bank ataupun bagi anda yg sudah lama memiliki rekening, sudah pula mengetahui cara mentransfer uang lewat bank (dengan form di Bank), namun belum pernah melakukannya via ATM.

 

Note: Jika anda menemukan halaman ini dari Google, sudah mengerti cara melakukan transfer uang via ATM dan hanya membutuhkan Kode Bank tertentu, silahkan cek database 135 Kode Transfer Bank kami di bagian Homepage.

 

Beberapa Topik yang kami bahas secara singkat yang bisa anda baca dalam Artikel ini adalah sebagai berikut:

  • Kartu Debit (Kartu ATM)
  • Fitur/Layanan ATM secara umum
  • Tutorial Cara Transfer Uang Lewat ATM (dengan contoh)
    • Dari BRI ke BNI
    • Sesama Rekening BRI

 

Lewat postingan ini kami akan memberikan Tutorial singkat, step-by-step yang mudah dimengerti untuk melakukan transfer uang via ATM, baik sesama Bank maupun antar Bank dalam negeri.

 

Kartu Debit (Kartu ATM)

 

Apa itu Kartu Debit?

Secara singkat, biasanya saat membuka rekening di Bank maka anda akan memperoleh buku rekening lengkap dengan Kartu Debit-nya.

Untuk lebih jelasnya wikipedia memberikan definisi Kartu Debit sebagai sebuah kartu pembayaran secara elektronik yang diterbitkan oleh Bank, dimana Kartu ini dapat berfungsi sebagai pengganti pembayaran dengan uang tunai.

 

 

Contoh Kartu ATM (Debit)

image: cermati.com

 

Kartu Debit bisa juga kita sebut sebagai Kartu ATM, dimana Kartu ini mengacu pada saldo tabungan bank anda di bank penerbit tersebut.

Anda dapat menggunakan Kartu ini untuk mengambil uang atau melakukan berbagai transaksi keuangan via ATM, seperti cek saldo rekening, isi ulang pulsa (ponsel), membayar tagihan listrik, pembelian tiket, transfer uang antar rekening baik sesama bank maupun antar bank, cetak transaksi terakhir dll.

Namun yang harus diingat, terkadang fitur/layanan tersebut bisa saja berbeda antara satu Bank dengan yang lainnya. Untuk contoh lebih detil, dibawah ini adalah Fitur/ layanan dari dua Bank yang masuk kategori Bank terbesar di Indonesia, yaitu Bank Mandiri dan Bank BRI.

 

Tips Bertransaksi Secara Aman

  • Jangan menyerahkan Kartu ATM dan PIN ke orang lain.
  • Dari waktu ke waktu, ganti PIN Anda dengan PIN yang belum pernah Anda gunakan.
  • Hapalkan PIN di luar kepala, jangan menuliskannya pada dompet, handphone atau tempat lain yang mudah terbaca.

 

Fitur/Layanan ATM secara umum

Ada tiga jenis tipe ATM yaitu ATM Tunai, Non Tunai dan Setor Tunai (CDM). Berdasarkan jumlah, biasanya mayoritas Bank lebih memprioritaskan ATM Tunai sehingga tidak jarang ATM Non Tunai dan Setor Tunai agak lebih susah di jumpai.

Data-data ini kami rangkum dari website masing-masing Bank  yang bersangkutan (Mandiri dan BRI) per Desember 2016.

 

A. Fasilitas ATM Mandiri

Anda dapat menggunakan fasilitas ATM ini kapan saja, karena ATM Mandiri bisa diakses setiap saat (24 jam sehari 7 hari seminggu).

Mandiri membedakan fitur/layanan menjadi tiga sesuai dengan jenis ATM yang dimilikinya (ATM Tunai, ATM Non-Tunai, dan ATM Setor Tunai.

Agar lebih jelas mengenai fasilitas apa saja yang diberikan oleh masing-masing jenis ATM tersebut, berikut adalah informasi lengkapnya:

1. ATM Tunai

  • Melakukan Pembelian / Pembayaran – Dapat digunakan untuk membayar tagihan Handphone atau Telepon, mulai dari Kartu Halo, Telkom/Flexy/Vision, FREN/Hepi/Mobi, Esia, 3 Postpaid, Smart Telecom, Matrix, IM3 Bright, Xplor, dan juga Starone. Juga untuk membeli isi ulang Pulsa Handphone dari berbagai provider seperti: Simpati, Mentari, IM3, XL/bebas , 3 Prabayar, Smart Telecom, FREN/Hepi/Mobi, Esia, Flexi Trendy, Axis, Starone Prabayar, dan Kartu AS.
  • Melakukan Pembayaran / Payment khusus – Seperti membayar Kartu Kredit Mandiri dan Bank Lain, Listrik dan Gas, TV Kabel/Internet, Pendidikan, PAM, Pajak, Angsuran, Pinjaman Bank, Asuransi, Tiket Pesawat dan Kereta Api, Zakat.
  • PIN, Registrasi dan Cetak Bukti Transaksi – Untuk melakukan penggantian PIN dari Kartu Mandiri Debit, Registrasi Mandiri SMS, Mandiri Internet Banking, Mandiri Call,  serta mencetak Bukti Transaksi SMS Banking.
  • Kartu Mandiri Prabayar – Mengecek Informasi Saldo, Histori Transaksi, Top Up Mandiri Prabayar, dan Update Saldo
  • Tarik Tunai, Cek Informasi Saldo dan Transfer Uang – Dapat digunakan untuk melakukan Penarikan Tunai, cek Informasi Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir, dan Transfer Antar Rekening Mandiri maupun Antar Bank yang bekerjsama dalam jaringan ATM yang sama.
  1. ATM Non Tunai 
  • Favoritku – Memiliki fitur favoritku dimana anda dapat menyimpan data transaksi rutin seperti transfer, pembayaran dan isi ulang handphone.
  • Cek Informasi Saldo dan Transfer – Yaitu untuk aktivitas penarikan Tunai, Informasi Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir, Transfer Antar Rekening Mandiri dan Transfer Antar Bank
  • Pembayaran / Payment khusus – membayar Kartu Kredit Mandiri dan Bank Lain, Listrik dan Gas, TV Kabel/Internet, Pendidikan, PAM, Pajak, Angsuran, Pinjaman Bank, Asuransi, Tiket Pesawat dan Kereta Api, Zakat
  • Pembayaran Tagihan Telepon/Handphone – Seperti Telkom/Flexy/Vision, Kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, Xplor, FREN/Hepi/Mobi, Esia, 3 Postpaid, Smart Telecom, dan Starone.
  • Isi Ulang Pulsa Handphone – Berbagi provider telah terkoneksi mulai dari Simpati, Mentari, IM3, FREN/Hepi/Mobi, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas , 3 Prabayar, Smart Telecom, Axis, Starone Prabayar, maupun Kartu AS.
  • Penggantian PIN, Registrasi dan Cetak Bukti Transaksi – Untuk mengubah PIN Kartu Mandiri Debit, Registrasi Mandiri SMS, Mandiri Internet Banking, Mandiri Call,  dan Cetak Bukti Transaksi SMS Banking.
  • Kartu Mandiri Prabayar – Mengecek Informasi Saldo, Top Up Mandiri Prabayar, Histori Transaksi, dan Update Saldo
  1. ATM Setor Tunai (CDM)
  • Setor Tunai – Dapat menyetor uang secara tunai (khusus 2 jenis pecahan yaitu: Rp 50.000 dan Rp. 100.000)
  • Informasi Saldo dan Transfer – Cek Informasi Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir dan Transfer Antar Rekening Mandiri.

B. Fasilitas ATM BRI

Seperti juga Mandiri, ATM BRI juga dapat di akses kapan saja, 24 jam sehari 7 hari seminggu.

Selain dapat digunakan oleh nasabah pemilik rekening BRI, ATM BRI juga dapat melayani kartu ATM bank lain yang berlogo Link, Prima, ATM Bersama, Bankcard, dan Mastercard.

Dibawah ini adalah Fitur/Layanan dari ATM BRI:

  1. Registrasi E-banking
  2. Info saldo
  3. Penarikan Tunai maksimal dalam 1 hari: Pemegang BRI Card Classic : Rp 5 Juta, Pemegang BRI Card Gold : Rp 10 Juta, Pemegang Card Platinum : Rp 10 Juta
  4. Ganti PIN
  5. Transfer Antar Rekening.

Antar Rekening BRI:

-Kartu Classic : Rp.20.000.000

-Kartu Gold : Rp.50.000.000

-Kartu Platinum : Rp.75.000.000

       Antar rekening bank anggota ATM Bersama:

-Untuk seluruh jenis BRI Card (Classic, Gold dan Platinum) maksimal transaksi dalam 1 hari Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) dengan sekali transaksi Rp.5.000.000,-(lima juta rupiah).

-Frekuensi transaksi dalam satu hari tidak dibatasi selama limit transaksi tidak melampaui.

      Transfer antar rekening di Jaringan ATM PRIMA:

-Untuk seluruh jenis BRI Card (Classic, Gold dan Platinum) maksimal transaksi dalam 1 hari Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).

-Frekuensi transaksi dalam satu hari tidak dibatasi selama limit transaksi tidak melampaui.

  1. Pembayaran Tagihan

Kartu Kredit BRI, Kartu Kredit dan KTA RBS, Kartu Kredit dan Personal Loan HSBC, Kartu Kredit ANZ, Kartu Kredit dan KTA SCB, Personal Loan, Ready Cash dan Eazy Pay Citibank, Citifinansial, FIF, BAF, SOF, Finansia, Verena, PLN, Telkom, Kartu Halo, Matrix, Flexi, Speedy, Indovision/Top TV/Oke Vision.

  1. Pembayaran Universitas

SPP Unpad (Universitas Padjajaran), SPP Unej (Universitas Jember), SPP UM (Universitas Malang), SPP dan Pembelian Paket UT.

  1. Pembayaran SIM dan STNK
  2. Pembayaran Zakat dan Infaq
  3. Pembayaran Tiket Pesawat (Garuda, Sriwijaya Air, Lion) dan Kereta Api
  4. Pembelian Pulsa – yaitu Simpati, AS, IM3, Mentari, XL, StarOne, Flexi, Esia, Mobile8, Smart, Fren, dan Axis

 

Tutorial Cara Transfer Uang Lewat ATM

Setelah anda mengerti mengenai Kartu Debit dan fitur/layanan yang dapat dilakukan via ATM (dalam hal ini khusus Mandiri dan BRI sebagai contohnya), tentu anda ingin lanjut ke inti dari artikel ini. Dibawah ini ada beberapa contoh transfer transaksi transfer via ATM yang bisa anda coba sendiri.

Misalnya anda memiliki ATM BRI dan perlu menggunakannya untuk dua jenis transfer, yaitu transfer ke sesama Rekening BRI dan transfer ke Rekening BNI. Berikut adalah cara singkatnya:

Cara Transfer Uang Lewat ATM – Antar Sesama Rekening BRI

  1. Masukkan Kartu ATM BRI
  2. Pilih Bahasa
  3. Masukkan nomor PIN ATM dan tekan Enter
  4. Pilih Menu ‘Transaksi Lainnya’ pada bagian kanan bawah
  5. Pilih menu ‘Transfer’
  6. Pilih Bank Tujuan ‘BRI’
  7. Masukkan no rekening BRI yang di tuju
  8. Masukkan Nominal Jumlah Uang yang di transfer
  9. Cek tampilan data transaksi anda
  10. Jika sudah benar maka pilih “YA” (OK)
  11. Selesai (struk akan keluar dari mesin ATM)
  12. Ambil Kartu ATM anda

Cara Transfer Uang lewat ATM BRI ke BNI

Untuk transfer ke bank lain maka anda membutuhkan Kode Bank yang akan ditransfer, dalam hal ini Kode Bank BNI sebagai Bank Tujuan (silahkan cek Kode Bank yang diinginkan di halaman Homepage).

  1. Masukkan Kartu ATM BRI
  2. Pilih Bahasa
  3. Masukkan nomor PIN ATM dan tekan Enter
  4. Pilih Menu ‘Transaksi Lainnya’ pada bagian kanan bawah
  5. Pilih menu ‘Transfer’
  6. Pilih Bank Tujuan ‘Bank Lainnya’
  7. Masukkan Kode Bank dan No rekening Tujuan (dalam hal ini Kode Bank BNI adalah 009, sehingga tampilannya menjadi 009 + Rekening BNI Tujuan )
  8. Masukkan Nominal Jumlah Uang yang di transfer
  9. Cek tampilan data transaksi Anda
  10. Jika sudah benar maka pilih “YA” (OK)
  11. Selesai (struk akan keluar dari mesin ATM)
  12. Ambil Kartu ATM anda

Selanjutnya, dibawah ini secara berturut-turut akan diberikan panduan cara transfer uang lewat ATM Mandiri, BNI dan BCA.

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri

  • Masukkan kartu ATM anda ke dalam mesin ATM Pastikan memasukkannya dengan posisi yang tepat dan tidak terbalik. Jika terbalik maka ATM tidak akan bisa masuk ke mesinnya atau pun sebaliknya mesin ATM tidak akan meresponnya.
  • Selanjutnya akan muncul layar utama dengan 2 pilihan bahasa untuk melakukan proses transaksi. Pilihannya yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggis. Pilihlah sesuai yang anda anggap nyaman, dengan harapan agar bisa mempermudah anda saat melakukan transaksi.
  • Jika sudah, maka akan muncul tampilan menu yang mengharuskan anda untuk memasukkan pin pribadi kartu ATM. Gunaanya untuk melakukan verifikasi atau pun sebagai keamanan terhadap ATM anda. Jadi jika terjadi kehilangan kartu karena tindak kejahatan atau pun hal lainnya, uang anda masih bisa aman.
  • Jika verifikasi berhasil, maka akan muncul tampilan menu utama dengan beberapa pilihan yakni penarikan uang tunai mulai dari 100.000, 300.000, 500.000, dan 1.000.0000. Selain itu juga ada pilihan lainnya seperti bayar/beli, mandiri prabayar, penarikan jumlah lain, dan juga transaksi lainnya.
  • Selanjutnya untuk melakukan proses transfer, maka anda bisa menjatuhkan pilihan pada transaksi lainnya. Nantinya akan muncul tampilan menu lagi dengan pilihan seperti informasi saldo, informasi pinjaman, cetak resi mandiri SMS, ubah pin, transfer, pendaftaran e-banking, cetak mutasi, dan juga keluar. Lanjutkan dengan memilih pilihan transfer untuk memulai transaksi transfer uang yang anda inginkan.
  • Setelahnya akan muncul tampilan menu dengan beberapa pilihan seperti visa money transfer, ke rekening mandiri, ke rekening bank lain link/ATM bersama/prima, keluar. Anda bisa memilih pilihan ke rekening mandiri, jika ingin melakukan transaksi transfer ke sesama bank. Bisa juga memilih pilihan ke rekening bank lain, jika ingin melakukan transaksi transfer ke rekening lain. Namun setelah memilih pilihan rekening lain, anda diwajibkan untuk memasukkan kode akses rekening bank lain yang anda tuju. Misalnya apabila ingin transfer ke bank BRI, wajib input kode akses 002.
  • Dengan memilih pilihan ke rekening mandiri ataupun rekening bank lain (khusus rekening bank lain sebelumnya wajib memasukkan kode akses), maka akan muncul tampilan yang mengharuskan anda untuk memasukkan rekening tujuan transfer dengan benar, agar tidak terjadi kesalahan transfer yang dapat merugikan anda. Jika anda sudah yakin memasukkan rekening tujuan dengan benar, maka anda bisa memilih pilihan benar untuk melanjutkan transaksi transfer anda tersebut.
  • Berikut muncul tampilan menu yang mengharuskan anda untuk memasukkan nominal uang yang akan di transfer. Jika nominal uang yang anda masukkan sudah yakin benar, maka anda bisa melanjutkannya dengan memilih pilihan benar untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
  • Kemudian tampilan yang akan muncul yakni konfirmasi mengenai data transfer yang anda input sebelumnya seperti rekening tujuan, nama pemilik rekening, jumlah uang yang akan ditransfer, dan dari rekening anda yang akan melakukan proses transfer. Jika data yang anda masukkan semuanya yakin benar, maka anda bisa memilih pilihan benar sekaligus mengakhiri proses transaksi transfer yang anda lakukan.
  • Tampilan terakhir yang akan muncul adalah konfirmasi mengenai sukses atau tidaknya transaksi anda. Jika memang sukses, maka akan muncul pilihan penawaran untuk mencetak bukti transaksi transfer. Jika memang tidak perlu mencetak bukti, maka anda bisa memilih pilihan keluar untuk mengakhiri proses transaksi tersebut.
  • Proses terakhir, jangan lupa ambil kartu ATM anda sebelum pergi dari mesin ATM nya.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI

  • Proses pertama yang perlu anda lakukan adalah, memasukkan kartu ATM anda ke dalam mesin ATM nya. Pastikan memasukkannya dengan posisi yang tepat dan tidak terbalik. Jika terbalik maka ATM tidak akan bisa masuk ke mesinnya atau pun sebaliknya mesin ATM tidak akan meresponnya.
  • Pilih bahasa yang anda anggap nyaman (ada bahasa Indonesia, ada juga bahasa Inggris).
  • Masukkan pin anda, biasanya pin adalah 6 digit untuk peraturan terupdate, mengingat banyak tindak kejahatan.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan menu dengan pilihan seperti pada gambar.
  • Anda bisa memilih pilihan transfer untuk melakukan transaksi transfer.
  • Pilih dari rekening tabungan untuk menuju ke proses berikutnya.
  • Pilih ke rekening BNI jika ingin transfer ke sesama BNI. Jika ingin transfer ke antar bank, maka anda bisa pilih ke rekening lain. Untuk pilihan transfer ke bank lain, anda diwajibkan memasukkan kode akses. Misalnya dari BNI ke BRI, kode aksesnya 002.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan menu untuk melakukan penginputan nomor rekening tujuan. Disarankan teliti saat memasukkan nomer rekening tujuan. Jika sudah yakin benar, silahkan pilih benar.
  • Munculah tampilan menu untuk memasukkan nominal uang yang akan ditransfer. Jika sudah yakin benar, silahkan pilih benar.
  • Tunggu beberapa saat agar sistem melakukan proses terlebih dahulu
  • Kemudian akan muncul tampilan menu yang memberitahukan data yang anda input sebelumnya seperti, nomor rekening tujuan, pemilik rekening tujuan, nominal uang yang akan ditransfer, dan rekening anda. Jika data sudah yakin benar, silahkan pilih benar.
  • Apabila anda ingin mencetak bukti transaksi, silahkan pilih Ya.
  • Proses terakhir, jika anda tidak ingin melakukan transaksi lagi, silahkan keluar.
  • Jangan lupa ambil kartu ATM anda sebelum meninggalkan mesin ATM nya.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BCA

  • Proses paling awal yang perlu anda lakukan adalah, memasukkan kartu ATM anda ke dalam mesin ATM dengan benar. Pastikan memasukkannya dalam posisi yang tepat dan tidak terbalik. Jika terbalik maka ATM tidak akan bisa masuk ke mesin atau pun sebaliknya mesin ATM tidak akan meresponnya.
  • Pilih bahasa yang anda anggap nyaman (bahasa Indonesia atau bahasa Inggris).
  • Masukkan pin anda, biasanya pin sudah ditentukan yakni 6 digit.
  • Pilih transaksi lainnya.
  • Pilih ke rekening bank BCA, jika anda ingin transfer ke sesama BCA. Atau pilih ke rekening bank lain, jika anda ingin transfer ke bank lainnya. Untuk melakukan transaksi transfer ke bank lain, anda diwajibkan untuk memasukkan kode akses. Misalnya rekening tujuan adalan bank BRI, berarti kode aksesnya 002. Apabila anda menginginkan transfer ke bank selain BRI, bisa anda temukan data kode akses di internet.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan menu untuk memasukkan rekening tujuan. Jika sudah yakin benar, silahkan pilih benar.
  • Lalu akan muncul tampilan menu untuk memasukkan nominal uang yang akan anda transfer. Jika sudah yakin benar, silahkan pilih benar.
  • Seringkali muncul tampilan menu untuk memasukkan nomor referensi, namun anda bisa mengabaikannya. Silahkan pilih benar.
  • Untuk memastikan data yang anda input sebelumnya, maka akan ada tampilan konfirmasi data seperti, nomor rekening tujuan, pemilik rekening tujuan, nominal uang yang akan ditransfer, dan rekening anda. Jika sudah yakin benar, silahkan tekan Ya.
  • Tunggu sistem melakukan prosesnya beberapa saat.
  • Akan muncul pemberitahuan untuk mencetak struk. Jika anda membutuhkannya, silahkan tekan Ya secara otomatis struk akan tercetak.
  • Proses terakhir, jika anda tidak ingin melakukan transaksi perbankan lagi, silahkan pilih keluar.
  • Sebelum meninggalkan ATM center, jangan lupa ambil kartu ATM anda yang keluar dari mesin.

Jika anda masih bingung, dibawah ini adalah youtube video dari Anis Purianti yang memberikan tutorial cara transfer uang lewat ATM – lebih khusus nya transfer antar Bank melalui ATM BCA. Pada intinya setiap ATM (walaupun berbeda Bank) menggunakan prinsip yang sama, oleh karenanya silahkan anda cek video berikut agar lebih jelas:

 

 

Demikianlah Tutorial singkat ini.

Harapan kami semoga artikel ini bisa sedikit membantu anda yang baru pertama kali melakukan pengiriman uang lewat ATM.